Perfekt Past Tense Bahasa Jerman dengan Haben



Basasing - Guten Tag Meine Freunde, kali ini saya akan memberikan materi mengenai bahasa Jerman. Setelah sekian lama mempelajari bahasa Jerman akhirnya sudah mulai mencoba memasuki tata bahasa yang sedikit rumit. Sebelumnya pasti kalian bertanya kenapa artikel ini diberi label A2? jawabannya adalah karena berdasarkan media yang saya pelajari, mereka menempatkan tata bahasa ini kedalam level A2. Oke meine Freunde langsung saja kita ke materi.

Sama seperti bahasa Inggris, kalimat perfekt dalam bahasa Jerman juga menyatakan:
a. kejadian yang sudah lampau namun masih berkaitan dengan masa sekarang.
b. keadaan yang akan datang.

Dalam pembentukan kalimat perfekt dibantu dengan sein dan haben namun saya terlebih dahulu memfokuskan kepada haben dalam kalimat ini. Seperti biasa, verba juga masih mendapat perubahan bentuk bedasarkan subjeknya. 

Contohnya:
Ich habe Indonesisch gelernt.
saya belajar bahasa Indonesia.

Cara menentukan sein atau haben sebagai verba bantuan dalam sebuah kalimat adalah:
  • Verba haben memerlukan objek akusatif (verba transitif), intinya harus ada objek contohnya: Ich habe Dich nicht vergessen : saya tidak melupakanmu. Objek dari kata tersebut adalah dich yaitu kamu jika harus menjadi sebuah objek.
  • Verba refleksif seperti sich freuen (senang akan)
  • verba modal seperti dürfen, können, mögen, müssen, sollen, wollen.
Perubahan haben bedasarkan subjeknya:

Subjek
Haben
Singular
Ich
Habe
Du
Hast
Er
Hat
Sie
Hat
Es
hat
Plural
Wir
Haben
Ihr
Habt
Sie
Haben
Formal
Sie (anda)
haben


Kemudian setelah mengenal perubahan bentuk haben, kalian juga harus mengenal konjugasi verba dalam kalimat perfekt:

1. Kata Kerja Beraturan

  • ge- + verb + -t/et
bentuk ini digunakan pada verba yang memiliki akhiran t/n/d ketika -en pada akhiran kata kerja sudah dihilangkan.
arbeiten : ge + arbeit + et = bekerja
  • verb + -t/-et
bentuk ini digunakan ketika bentuk infinitive diawali dengan be-, -emp, -ent, -er, -ge, -miß, -ver, atau -zer dan akhiran -ieren.
studieren : studiert : belajar

2. Kata Kerja Tidak Beraturan

pembentukan perkfet untuk kata kerja tidak beraturan tidak memiliki pola seperti kata kerja beraturan sehinga kalian harus menghafalnya.

Infinitive
Bentuk Lampau
Parizip Perfekt
Schlafen
Schlief
geschlafen
Schreiben
Schrieb
geschrieben
Stehen
Stand
Gestanden
Verstehen
Verstand
Verstanden
Helfen
Half
geholfen



Mungkin hanya sampai disini dahulu pembahasan perfekt dalam bahasa Jerman terutama dalam penggunaan haben. selanjutnya penulis berkenan untuk menulis penggunaan sein pada perfekt bahasa Jerman. Semakin kesini, pelajaran bahasa jerman semakin sulit namun semakin seru bukan karena belajar bahasa memiliki tantangan tersendiri dalam menyelesaikan masalahnya. Ingat teman-teman, bisa karena biasa. Penulis percaya bahwa artikel ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu jika terdapat kesalahan dalam pembuatan materi, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.


Sumber: 
gambar : https://www.flickr.com/photos/101149987@N07/33452746953/in/photolist-SY75cc-pdgDhM-aVXBkg-25NbCjH-cHb6HS-saovgD-8oFsgv-S94ybT-CHWSD8-pqBSbz-3JY1mo-5gLDxo-W5yWuc-tM7ju-6HpXvj-pMGbT9-aVXBdi-5UnaJq-nKZDBU-qjPsdo-9Mg5Do-2bKXGUz-omtm5P-WrWZqf-9ZuCqN-geaszd-VRp3EP-aVXCAg-8BGXpK-asESCr-ddrS53-hGUhfC-p3UwBW-aVXB68-fDBN2f-27VpjBd-kW1cNr-RTkcyZ-25VYL3y-PrupsY-MrFK9p-XjgFD6-5Un8S1-28n15JJ-8GbXKQ-5RN39m-akpF62-4AS2bu-4K112b-qi63Z4

Perfekt Past Tense Bahasa Jerman dengan Haben Perfekt Past Tense Bahasa Jerman dengan Haben Reviewed by Fikri Haikal on November 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.