Waktu Lampau Dalam Bahasa Jerman


Basasing - Hallo semuanya, bagaimana kabarnya? masih semangat untuk belajar bahasa asing bukan. Kali ini kita akan belajar mengenai bentuk lampau dalam bahasa Jerman. Yuk disimak!

Dalam bahasa Jerman waktu lampau biasa juga disebut präteritum. penggunaan ini mungkin kalau dalam bahasa Inggris adalah bentuk past tense dimana si pembicara mengucapkan kejadian apa yang telah terjadi pada masa lalu. Biasanya dalam kalimat, kita akan menemukan kata keterangan waktu yang menunjukkan bahwa hal itu adalah kegiatan pada masa lampau seperti:

gestern : kemarin.
vor zwei Tagen : dua hari yang lalu.
letztes jahr : tahun lalu.
neulich : beberapa hari yang lalu.
letzte woche : minggu lalu.
dan lain-lainnya yang menunjukkan keterangan waktu lampau.

Kalimat präteritum berdasarkan kata kerjanya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan. Yuk meine Freunde kita simak sama-sama.

1. Kata Kerja Lampau Beraturan

Kata kerja beraturan harus ditempeli akhiran sesuai dengan subjeknya atau personalpronomen. Kalian juga harus menghafal bentuk-bentuk akhiran dalam kata kerja lampau.

Personal Pronomen
Akhiran
Haben (Mempunyai)
Sein (to be seperti is are am bentuk was/were)
Kata Kerja Beraturan
Studieren (belajar)
Arbeiten (Bekerja)
ich
-te
hatte
war
studierte
Arbeitete
du
-test
hattest
warst
studiertest
arbeiteste
Es/er/sie
-te
hatte
war                                     
studierte
arbeitete
wir
-ten
hatten
waren
studierten
arbeiteten
ihr
-tet
hattet
wart
studiertet
arbeitetet
Sie/sie
-ten
hatten
waren
studierten
arbeiteten

*jika kata kerja beraturan dibentuk dengan akhiran -te dan -ete. Untuk -ete digunakan kalau bentuk akhir dari verb setelah dihilangkan -en berakhiran -d/-n/-t seperti arbeiten menjadi arbeit.


2. Kata Kerja Lampau Tak Beraturan

Kata kerja tak beraturan memiliki hal yang harus kalian pahami secara baik-baik yaitu bilamana subjek adalah ich, es, er, sie tidak ada tambahan akhiran dalam kata kerja, sedangkan sisanya harus ditempeli akhiran.

Personal Pronomen
Akhiran
Kata Kerja Tak Beraturan
Sprechen (berbicara)
Schreiben (menulis)
Ich
-
sprach
schrieb
du
-st
sprachst
schriebst
Er/sie/es
-
sprach
schrieb
Wir
-en
sprachen
schrieben
ihr
-t
spracht
Schriebt
sie
-en
sprachen
schrieben
Sie
-
sprach
schrieb

bentuk kata kerja lampau tidak beraturan lainnya bisa dilihat disini.

Bagaimana Freunde mudah bukan? jika memang sulit kalian harus terus mempelajarinya agar materi ini sudah dihafal diluar kepala. Saya sendiri juga masih tahap belajar bahasa Jerman tapi dengan usaha pasti hal ini bisa saya selesaikan. Jika ada kesalahan dalam penulisan ini, saya minta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk meninggalkan komentator atau kunjungi tentang kami pada halaman blog agar pesan yang ada sampaikan saya baca untuk memperbaiki tulisan. Terima kasih.


Sumber :

https://belajarbahasa.id/artikel/dokumen/397-kata-kerja-tidak-beraturan-dalam-bahasa-jerman-2017-08-20-22-05

https://syams.wordpress.com/2006/06/22/regelmassige-und-unregelmassige-verben-kata-kerja-beraturan-dan-tidak-beraturan/

https://www.flickr.com/photos/101149987@N07/33452746953/in/photolist-SY75cc-pdgDhM-aVXBkg-25NbCjH-cHb6HS-saovgD-8oFsgv-S94ybT-CHWSD8-pqBSbz-3JY1mo-5gLDxo-W5yWuc-tM7ju-6HpXvj-pMGbT9-aVXBdi-5UnaJq-nKZDBU-qjPsdo-9Mg5Do-2bKXGUz-omtm5P-WrWZqf-9ZuCqN-geaszd-VRp3EP-aVXCAg-8BGXpK-asESCr-ddrS53-hGUhfC-p3UwBW-aVXB68-fDBN2f-27VpjBd-kW1cNr-RTkcyZ-25VYL3y-PrupsY-MrFK9p-XjgFD6-5Un8S1-28n15JJ-8GbXKQ-5RN39m-akpF62-4AS2bu-4K112b-qi63Z4
Waktu Lampau Dalam Bahasa Jerman Waktu Lampau Dalam Bahasa Jerman Reviewed by Fikri Haikal on November 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.