Penggunaan 아닙니다 Animnida Dalam Bahasa Korea


Basasing.com - Halo sahabat basasing bagaimana kabarnya? tentu masih semangat dengan belajar bahasa asingnya kan? Sudah lama semenjak saya tidak memposting artikel bahasa Korea. Masa berlaku sertifikat ujian TOPIK 1 saya juga sudah mau habis juga. Jadi saya mau mengulas kembali tata bahasa yang saya rasa sering keluar. Mulai saat ini sebisa mungkin saya akan mencoba menulis artikel-artikel dalam bahasa Korea dimulai dari level dasar terlebih dahulu teman-teman. Huruf hangeul sudah saya jelaskan sebelumnya, mungkin saya akan fokus kepada penggunaan partikel dan tata bahasa. Sesuai dengan judul postingan diatas,pada artikel ini saya akan menulis penggunaan tata bahasa 아닙니다. 

    아닙니다 merupakan lawan dari 입니다. Jika 입니다 dapat diartikan sebagai pernyataan positif dalam bahasa korea namun 아닙니다 merupakan bentuk negatif dari kalimat. 아닙니다 dapat diartikan sebagai "bukan" atau "tidak". 아닙니다 merupakan bentuk negatif kalimat yang sifatnya formal atau sopan. Penutur juga menggunakan 아니요 jika menyatakan kalimat negatif. Rumus yang akan saya berikan dapat disimpulkan bahwa rumusnya subjek + 는/은 + kata benda + 이/가 + 아닙니다.




Contoh Kalimat

나는 한국인이 아닙니다.

Naneun hangug-in-i animnida.

Saya bukan orang korea.


저것은 서점이 아닙니다.

Jeogeos-eun seojeom-i animnida.

Itu bukanlah toko buku.


A :당신은 선생님입니까?

B : 아니, 난 선생님이 아닙니다.

A : dangsin-eun seonsaengnim-imnikka?

B : aniyo, nan seonsaengnim-i animnida.

A : Apakah kamu seorang guru?

B : Tidak, Saya bukan seorang guru.


A : 이것은 책입니까?

B : 아니요,이 책이 아닙니다

A : igeos-eun chaeg-imnikka?

B : aniyo,i chaeg-i animnida

A : Apakah ini sebuah buku?

B : Tidak, ini bukan sebuah buku.


A : 이는 일본음식입니까?

B : 아니요, 이것은 일본음식이 아닙니다. 인도네시아 음식입니다.

A : ineun ilbon-eumsig-imnikka? 

B : aniyo, igeos-eun ilbon-eumsig-i anibnida. indonesia eumsig-imnida.

A : Apakah ini masakan Jepang?

B : Bukan, ini bukan masakan Jepang. Ini masakan Indonesia.


    Bagaimana teman-teman sudah paham dengan penggunan 아닙니다 animnida dalam bahasa Korea? Teman-teman diharapkan untuk membuat kalimat sendiri. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan, penulis meminta maaf yang sebesarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar agar segera diperbaiki. Akhir kata sampai jumpa dan bertemu kembali di artikel bahasa korea berikutnya.


Sumber : Hanna. Tahun Tidak Diketahui. Korean Language 101 - Grammar and Expression 2 - N이/가 아닙니다. Diakses pada 28 Maret 2021, dari http://en.trykorea.com/article/about-korea/8/151/

Foto dan Design : Canva.com

Penggunaan 아닙니다 Animnida Dalam Bahasa Korea Penggunaan 아닙니다 Animnida Dalam Bahasa Korea Reviewed by Fikri Haikal on Maret 28, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.